Kenali Hoax Email

  Email

Pernahkah Anda menerima email yang isinya seperti di bawah ini? Email ini berisi informasi yang menghebohkan dan mendesak Anda untuk mengirimkannya kepada semua orang yang Anda kenal. Tahukah Anda, bahwa email ini termasuk HOAX EMAIL alias berita bohong?

Hoax Email

 

Apa itu Hoax?
Kata hoax berasal dari "hocus pocus" yang aslinya adalah bahasa Latin "hoc est corpus", artinya "ini adalah tubuh". Kata ini biasa digunakan penyihir/penyulap untuk mengklaim bahwa sesuatu adalah benar, padahal belum tentu benar. Hoax banyak beredar di email, milis, messenger, dan SMS. Termasuk juga website hoax atau website gadungan yang dibuat dengan tujuan mengelabui pengunjung bahwa mereka mengunjungi situs resmi yang kenyataannya memberikan informasi yang palsu atau menyesatkan.

 

Tujuan Hoax

  • Sekadar iseng atau lelucon. Kadang pembuat hoax mengirim berita bohong kepada orang-orang dekatnya tanpa niat untuk menyebarkan ke masyarakat luas. Namun sebagian penerima tidak menyadarinya sehingga hoax ini tersebar luas.
  • Hoax bisa muncul disebabkan oleh tradisi seperti perayaan April Fool's Day (1 April).
  • Tujuan politik seperti menjatuhkan lawan politik, bisnis, memfitnah institusi atau individu.
  • Pembuat hoax ingin mengetahui sejauh mana dan seberapa lama pesan yang dibuatnya tersebar.

 

Macam-macam Isi Pesan Hoax

  1. Hoax berupa peringatan tentang virus baru
    Peringatan tentang bahaya program atau file tertentu yang kalau dibuka akan merusak hardware/software atau menghapus semua data di komputer. Peringatan ini biasanya mengutip nama perusahaan atau media terkenal seperti Microsoft, Symantec, McAfee, IBM, CNN, dan lain-lain.
  2. Hoax surat berantai
    Meminta penerima untuk mengirimkan kembali pesan ke sejumlah orang dengan iming-iming hadiah uang atau produk dari organisasi tertentu seperti Microsoft, AOL, dan lain-lain. Kadang berisi tentang keberuntungan yang akan diperoleh berdasarkan angka dari jumlah orang yang dikirim. Sebaliknya, juga dinyatakan bila penerima tidak mengirimkan kembali pesan ini, maka ia akan mengalami kesialan.
  3. Hoax berupa permintaan pertolongan
    Biasanya mengindikasikan dengan mengirimkan kembali pesan tersebut akan membantu orang yang sedang sakit. Menyatakan bahwa organisasi tertentu dapat melacak dan akan memberikan sumbangan berdasarkan jumlah pesan yang dikirimkan kembali.
  4. Hoax berupa berita kejadian menyeramkan/menakutkan
    Biasanya berisi peringatan tentang kejadian atau hal yang sangat bahaya dan menekankan penerima dapat membantu orang dekatnya dengan mengirimkan kembali pesan tersebut.

 

Kebanyakan hoax memanfaatkan sifat orang yang ingin selalu membantu sesamanya, baik yang dikenal maupun tidak. Hoax juga sering menyertakan gambar-gambar yang sudah dimodifikasi untuk meyakinkan penerima. Biasanya bagi penerima yang terpengaruh dengan isi pesan hoax akan segera mengirimkan kembali kepada setiap orang yang dikenalnya. Selanjutnya, penerimanya akan mengirimkan lagi, yang menyebabkan email berantai ini akan terus tersebar makin luas. Sebuah hoax email bisa tersebar dan berkembang dalam beberapa bahasa.

Sumber dari Symantec menyatakan email di atas pertama kali disebarkan dalam bahasa Portugis pada tahun 2002. Sampai tahun 2007, email tersebut sudah berkembang ke dalam bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Cina, dan Indonesia.

 

Kerugian yang Dapat Ditimbulkan Hoax
Hoax dapat menyebabkan penerima tertipu dan turut menyebarkannya. Hoax juga dapat merusak reputasi individu, perusahaan atau organisasi tertentu sehingga dapat mengakibatkan kerugian finansial. Selain itu hoax juga dapat menghabiskan waktu dan biaya berinternet.

 

Bagaimana Mengenali Hoax?

    Umumnya hoax memiliki ciri-ciri seperti berikut:
  1. Lihat apakah ada kalimat seperti ini: 'Kirimkan ini ke setiap orang yang Anda kenal!' Semakin mendesak permintaannya, semakin mencurigakan pesan tersebut.
  2. Perhatikan bahasanya yang terlalu berempati, begitu juga penggunaan HURUF BESAR yang banyak dan kumpulan tanda seru !!!!!!
  3. Jika isi pesan ingin memberikan informasi yang sangat penting yang pernah belum Anda dengar sebelumnya atau membacanya di media resmi, lebih baik curiga.
  4. Baca dengan hati-hati dan berpikir kritis, lihat ketidakkonsistenan yang logis, bertentangan dengan akal sehat dan klaim palsu yang menyolok.
  5. Periksa sumber dari luar. Hoax biasanya tidak menyebutkan kenyataan yang dapat dibuktikan, atau terhubung ke website dengan informasi yang menguatkan.
  6. Periksa apakah pesan ini ditolak oleh website yang memberantas hoax (lihat daftar di bawah).
  7. Email berantai yang Anda terima (seperti: pesan yang di-forward berulang kali sebelum sampai ke Anda) lebih cenderung palsu.
  8. Pembuat hoax biasanya mencoba segala cara untuk membuat dusta mereka dapat dipercaya, contoh: menghubungkannya dengan sumber 'resmi'.

 

Apa yang harus dilakukan bila menerima pesan yang dicurigai sebagai HOAX?

  1. Teliti isi pesan dengan mengenali ciri-cirinya seperti di atas.
  2. Perlu lebih waspada terhadap rumor yang berkaitan dengan kesehatan. Yang paling penting, jangan bertindak berdasarkan 'informasi medis' yang dikirimkan dari sumber yang tidak diketahui tanpa membuktikan keakuratannya dengan dokter atau sumber lain yang dapat dipercaya.
  3. Apabila Anda menerima, misalnya email berisi peringatan ancaman virus disertai himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya, maka sebaiknya pesan tersebut jangan disebarkan sebelum yakin akan kebenaran isinya.
  4. Periksa terlebih dahulu peringatan tersebut melalui search engine dengan memasukkan kata kunci dalam email, seperti 'life is beautiful' atau langsung mengakses situs-situs yang didedikasikan untuk memberantas hoax:

 

Saya sendiri sering menerima email yang memiliki ciri-ciri seperti di atas. Sebelumnya, saya segera mengirimkan ke orang lain. Sekarang, saya pikir-pikir dan mengecek kebenarannya dulu sebelum mem-forward sebuah berita. Bagaimana dengan Anda? Seringkah Anda menerima hoax? Apa yang Anda lakukan bila menerima hoax? Bagi pengalaman Anda tentang hoax.

 

    Sumber Referensi:
  1. Cert - About hoaxes
  2. About.com: Urban Legends - What is a hoax?
  3. About.com: Urban Legends - How To Spot an Email Hoax
  4. Wikipedia - Hoax

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 comments

Tulis Komentar
Anonymous
18 July, 2008 15:09 delete

Sebelumnya saya cek dulu apakah email yg ibu kirim itu HOAX atau bukan, dan ternyata asli. artikelnya bagus sekali bu, kok gak ada biografinya?

Suwandi (x Uh Ih Beh)

Reply
19 July, 2008 14:25 delete

Haha....memang sempat khawatir disangka HOAX juga.

Terima kasih tuk kunjungan & inputnya. Biografinya segera menyusul.

Reply
Anonymous
19 July, 2008 17:19 delete

He..he...saya sempet curiga juga ky komentar x uh ih be :)
Wah Congrats Bu," akhirnya datang juga".
Yang empunya blog ini memang
"Kapanpun, dimanapun, selalu memberi manfaat..." Thanks, saya pasti sering berkunjung ke blog ini...cu

Reply
21 July, 2008 08:58 delete

Terima kasih kunjungannya.

Gunakan RSS feed saja biar kunjungannya lebih mudah.

Reply
Robin
21 July, 2008 09:31 delete

Hmm... nice post. ^-^
gua ada usulan topik nih untuk dibahas... skr kan lagi maraknya panangkapan pirated S/W nih, Genuine licensenya jg banyak macem. malahan kmr ada denger berita ada yg genuine licensenya palsu... bahas topik ini ya. gua tunggu lor... hehehe... :p

Reply
24 July, 2008 08:27 delete

@Robin - topik yang menarik, thanks usulannya.

Reply
11 November, 2008 08:52 delete

thanx.. saya sering dapetin email semacem ini..
tapi saya kurang tau, apa nama email semacem ini dalam dunia IT..

thanx udah bikin tau..

Reply
11 November, 2008 11:53 delete

@Syndicate - U r welcome, saya juga senang artikel ini bermanfaat bagi anda.

Reply