4+ Situs Penyedia Emotikon


Maraknya penggunaan pesan teks dan perkembangan social media yang pesat membuat emotikon (emoticon) memegang peranan penting dalam komunikasi digital. Selainnya bentuknya yang lucu, penggunaan emotikon bisa membantu menyampaikan emosi atau memperhalus isi sebuah pesan tertulis.

Emoticon - emotikon - emoji

Artikel ini membahas tentang emotikon dan jenis-jenisnya serta kumpulan situs yang menyediakan berbagai emotikon yang bisa kita gunakan. Silakan scroll ke bawah atau klik link berikut untuk menuju ke masing-masing bagian artikel.

 

 

Apa itu Emotikon?

Emotikon (emoticon) atau smiley merupakan kombinasi simbol yang membentuk ekpresi wajah untuk menunjukkan perasaan atau emosi khusus pada suatu pesan tertulis. Selain simbol dari tanda baca, emotikon juga bisa berisi huruf dan angka.

Walau kebanyakan emotikon berupa ekspresi wajah, namun kemudian ada juga yang kreatif menggunakan kombinasi simbol untuk membuat sebuah emotikon obyek atau tokoh tertentu. Misalnya, emotikon <>< untuk ikan, emotikon C(_) untuk cangkir kopi, dan emotikon <( -'.'- )> untuk karakter game Nintendo Kirby.

Emotikon yang menggunakan kombinasi karakter dari keyboard ini disebut emotikon teks (text emoticon). Seiring  dengan perkembangan teknologi, emotikon juga dibuat dalam bentuk gambar (graphic emoticon), baik yang statis maupun yang bergerak (animated emoticon). Contoh: emotikon di Facebook, Yahoo Messenger, Yahoo Mail dan Gmail.

Contoh emoji atau emotikon grafis Gmail

 

Kapan Menggunakan Emotikon?

Emotikon bisa digunakan di:

  • Aplikasi chatting.
  • Pesan email.
  • Pesan teks (SMS).
  • Forum diskusi di internet.
  • Postingan di blog.
  • Situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, Google+, dan lain-lain).

 

Karena seringkali sulit untuk mengungkapkan perasaan yang tepat saat mengetik pesan ke orang lain, emotikon bisa membantu menyampaikan perasaan atau emosi tersebut dan membuat komunikasi tidak terlalu kaku.

Misalnya, jika Anda mengetik sesuatu yang isinya teguran atau perbedaan pendapat, ada risiko bahwa orang yang menerima pesan mungkin menganggapnya serius. Dengan penambahan emotikon senyum :-) pada akhir tulisan akan menyatakan “tulisan ini jangan dianggap terlalu serius”.

Selain untuk digunakan pada komunikasi informal dengan anggota keluarga, teman, atau kenalan, kita juga bisa menggunakan emotikon saat berkomunikasi dengan konsumen untuk mengekspresikan keramahtamahan saat menjawab pertanyaan.

 

Kapan Tidak Menggunakan Emotikon?

Gunakan emotikon seperlunya. Terlalu banyak emotikon akan membuat bingung yang membacanya dan tidak semua orang nyaman menggunakan emotikon.

Karena sifatnya yang informal, jangan gunakan emotikon pada komunikasi formal, seperti memo bisnis, proposal, resume, dan lain-lain.

 

Mengapa Emotikon Tidak Muncul atau Berubah Menjadi Karakter Lain?

Bila kita mengetik simbol emotikon :-) di Microsoft Outlook, maka fitur AutoCorrect akan otomatis mengubahnya menjadi emotikon gambar senyum. Namun bila penerima pesan menggunakan settingan font yang berbeda, maka emotikon akan berubah menjadi huruf J kapital yang berasal dari font Wingdings untuk simbol senyum.

Demikian pula tidak semua aplikasi menggunakan shortcut atau kombinasi simbol yang sama untuk emotikon grafis, terutama emotikon yang tidak umum. Anda bisa melihat di PC.net untuk kumpulan shortcut emotikon yang digunakan di AIM, Yahoo!, MSN/Live, ICQ, dan Gmail.

 

Jenis-Jenis Emotikon Teks

Ada dua jenis emotikon teks, yaitu emotikon gaya barat (western emoticon) dan emotikon gaya timur (eastern emoticon).
Emotikon gaya barat biasanya ditulis dari kiri ke kanan dan untuk mengenalinya kita perlu memiringkan kepala ke kiri atau ke kanan bila emotikon ditulis dari kanan ke kiri.

Contoh emotikon gaya barat dan timur.
Contoh emotikon gaya barat dan timur

Bila emotikon gaya barat memusatkan aspek emosi pada tanda mulut, emotikon gaya timur menekankan aspek emosi pada mata. Emotikon gaya timur atau disebut juga emotikon gaya asia, ditulis secara vertikal dan bisa dibaca langsung tanpa harus memiringkan kepala.

Selain itu, emotikon gaya timur (Jepang dan Korea) memiliki simbol yang unik karena keyboardnya memiliki karakter khusus yang tidak ada di keyboard barat. Emotikon gaya Jepang disebut juga dengan kaomoji atau emoji.

Contoh emotikon gaya Jepang dan Korea.
Contoh emotikon gaya Jepang dan Korea

 

Situs Penyedia Emotikon

  • FSymbols

    FSymbols memiliki emotikon teks dan gambar yang bisa digunakan di Facebook, Twitter, dan forum internet lainnya. Di situs ini kita juga bisa mendapatkan Text art atau ASCII art, yaitu gambar yang dibuat dari susunan karakter ASCII. Jangan lupa cek bagian komentar untuk mendapatkan lebih banyak lagi emotikon atau text art.
    FSymbols - Emoticons
  • Japanese Emoticons

    Situs ini memiliki kumpulan emotikon teks Jepang yang lucu dan bisa digunakan di tweet Twitter, Facebook, postingan di Tumblr atau dimana saja. Koleksi emotikon dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain: Greeting, Action, Mood, dan emotikon untuk ucapan tahun baru (Happy New Year) atau emotikon Conversation yang memiliki 30 lebih variasi emotikon untuk menuliskan kata OK, Yes, dan No.
    Japanese Emoticons
  • JapaneseEmoticons.net

    JapaneseEmoticons.net memiliki kumpulan emotikon gaya Jepang yang bisa kita copy paste ke email, tweet, chat, atau lainnya. Koleksi emotikon dikelompokkan berdasarkan emosi, yaitu: positif, netral, negatif; serta berbagai emotikon hewan, dan lain-lain. Situs ini juga menjual aplikasi yang berisi seluruh koleksi emotikon untuk iPhone dan iPad.
    JapaneseEmoticons.net
  • Emojicons

    Situs ini memiliki koleksi emotikon yang beragam, mulai dari ekspresi cute sampai dengan royal baby.
    Emojicons

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »