Fungsi 6 Jenis Jarak Baris di Microsoft Word


Tutorial: Word 2007, 2010, 2013.

Artikel ini membahas 6 jenis jarak baris (line spacing) di Microsoft Word, cara modifikasi, shortcut, dan kegunaan masing-masing jenis jarak baris tersebut.

6 Jenis dan Kegunaan Jarak Baris di Microsoft Word

Rekomendasi: Cara Mengatur Ukuran Margin Berbagai Jenis Halaman Dokumen Word

Jarak baris (line spacing) adalah jarak antar baris dalam paragraf.

Pengaturan jarak baris sangat berguna saat kita membuat dokumen Word yang paragrafnya berisi aneka font dan elemen-elemen lain pada baris tersebut (gambar, huruf besar, simbol dan formula). Contoh: resume, selebaran, newsletter, cover laporan, dan lain-lain.

Poin penting yang perlu diketahui adalah tipe font yang berbeda dan elemen terbesar dalam baris tersebut bisa mempengaruhi tinggi baris yang kita gunakan.

 

 

I. Jarak Standar (Default) pada Setiap Versi Microsoft

Mungkin Anda selama ini sama seperti saya yang mengira jarak baris yang standar (default) dari Microsoft adalah 1 baris (single line).
Yang sebenarnya Microsoft Word menggunakan jarak baris lebih dari 1. Jarak baris standar Word 2007, 2010 dan 2013 adalah 1.15. Hal ini bertujuan agar teks pada dokumen, terutama dokumen online, lebih mudah dibaca.

Kita bisa mengecek jarak baris ini dengan cara berikut: pada tab Home, bagian Paragraph, klik Line Spacing (Word 2007) atau Line and Paragraph Spacing (Word 2010 - 2013). Dan lihat jarak baris yang tercentang adalah 1.15.
Line and Paragraph Spacing Word 2013

 

II. Mengatur Jarak Baris

Bila kita tidak ingin menggunakan jarak baris standar dari Microsoft Word dan ingin mengubahnya ke jaris baris yang lain, maka cara cepatnya adalah berikut ini:

  1. Pilih kumpulan teks yang ingin diubah jarak barisnya.
    Tip: tekan tombol CTRL + A untuk memilih seluruh isi dokumen.
    Default Line Spacing Word 2013
  2. Pada tab Home, bagian Paragraph, klik Line Spacing (Word 2007) atau Line and Paragraph Spacing (Word 2010 - 2013).
  3. Selanjutnya pilih jarak baris yang muncul pada menu.

Cara di atas hanya akan mengubah jarak baris pada teks yang kita pilih. Seandainya kita ingin mengatur jarak untuk seluruh baris dalam dokumen atau untuk semua dokumen baru, maka gunakan cara berikut:

  1. Pada tab Home, bagian Paragraph, klik:
    • Line Spacing (Word 2007)
    • Line and Paragraph Spacing (Word 2010 - 2013)
  2. Pilih Line Spacing Options.
  3. Pada kotak dialog Paragraph, tab Indents and Spacing, di bagian Spacing, pilih jenis jarak baris di dropdown menu Line spacing. Yaitu: Single, 1.5 lines, Double, At least, Multiple, atau Exactly.

    Penjelasan kegunaan jenis-jenis jarak baris ini ada di bawah ini.
    Line Spacing Dropdown Menu
  4. Klik Default (Word 2007) atau Set as Default (Word 2010 - 2013).
  5. Pada kotak dialog, pilih:
    Line Spacing Set as Default
    • This document only: untuk menerapkan jarak baris pada dokumen ini saja.
    • All documents based on the Normal template: untuk menerapkan jarak baris pada seluruh dokumen baru.
  6. Terakhir, klik OK untuk menutup semua kotak dialog.

 

III. Jenis-Jenis Jarak Baris

Tiga jarak baris yang pertama pada menu Line spacing adalah Single, 1.5 lines, dan Double. Yang juga bisa kita buat dengan menggunakan shortcut berikut:

  • Single: CTRL + 1.
  • 1.5 lines: CTRL + 5.
  • Double: CTRL + 2.

Selanjutnya adalah 3 jarak baris berikut yang bisa kita tentukan nilainya di kotak At, dengan menggunakan tanda panah atau mengetiknya langsung.

  • At least
    Seandainya kita menggunakan jarak baris lain (seperti single, 1.5 lines, atau double), maka Microsoft Word akan otomatis menyesuaikan tinggi jarak barisnya sesuai elemen terbesar pada isi baris tersebut. Apabila ada baris yang hanya berisi elemen yang kecil saja, maka tinggi barisnya akan berbeda dengan baris lain yang memiliki font atau gambar yang besar.
    Jarak baris yang berbeda

    Oleh sebab itu, kita bisa menggunakan jarak baris At least, untuk menentukan nilai jarak baris minimum yang akan memuat font atau elemen pada baris tersebut. Dan bila perlu, Microsoft Word akan menambah tinggi jarak baris. Akan tetapi Word tidak bisa menguranginya. Dengan demikian jarak baris pada dokumen menjadi lebih rapi sesuai nilai minimum yang kita tentukan.

    Jarak baris At least menggunakan satuan point (pt), sama seperti ukuran font.

  • Multiple
    Jenis jarak baris ini memungkinkan kita untuk memasukkan nilai jarak baris selain pilihan di atas berdasarkan persentase yang ditentukan. Misalnya 0,5 atau 3. Bila jarak baris dibuat 3 maka akan menaikkan jaraknya sebesar 300%. Dan apabila jarak baris dibuat 1,2 maka akan meningkatkan jaraknya sebesar 20%.

    Jarak baris Multiple juga memungkinkan kita untuk mengecilkan tinggi jarak baris.
    Contoh nilai jarak baris Multiple
    Contohnya seperti gambar berikut ini.
    Ada 2 jenis font dalam satu paragraf yang menggunakan jarak baris single. Untuk mengecilkan jarak baris agar semua teks bisa dimuat pada satu halaman kertas, maka tinggi jarak baris kita atur menjadi 0,8.
    Contoh tampilan teks sebelum dan sesudah menggunakan jarak baris Multiple yang diperkecil
  • Exactly
    Pada jenis jarak baris di atas, Microsoft Word akan menambahkan ruang ekstra atau ruang kosong di antara baris teks agar mudah dibaca, sesuai ukuran font atau elemen terbesar pada baris tersebut.

    Jadi bila kita menggunakan jarak baris single dengan font berukuran 10pt, maka tinggi baris teks tersebut bukanlah 10pt. Karena ada tambahan ruang ekstra sekitar 15 – 20 %, sehingga tinggi baris untuk teks tersebut adalah sekitar 12pt. Tinggi ruang ekstra ini juga tergantung pada jenis font yang digunakan.

    Bila Anda tidak ingin Word menambahkan ruang kosong, maka gunakan jenis jarak baris Exactly. Exactly akan menentukan jarak baris yang tetap dalam satuan point (pt). Sehingga semua font, gambar, dan formula akan ditampilkan mengikuti jarak baris yang kita tentukan.

    Misalnya kita menentukan jarak baris 10 point, sedangkan ukuran font untuk teks adalah 12 point. Maka teks akan ditampilkan sebesar 10 point dan sisanya akan terpotong.

    Atau seperti contoh di bawah ini, walaupun font pada kata fox menggunakan ukuran 10pt, tapi karena font-nya besar, maka tampilannya juga akan terpotong.
    Contoh tampilan jarak baris Exactly
    Lihat perbedaan tampilannya dengan jarak baris single.

    Tip: bila Anda menggunakan jarak baris Exactly dan tidak ingin isi baris terpotong, maka naikkan nilainya.

 

Rekomendasi Artikel

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Tulis Komentar
17 May, 2015 13:30 delete

izin copy, untuk menambah pengetahuan :) terima kasih

Reply