Cara Aman Tutup Pop-Up Window

Saat berselancar di internet, kita tentu pernah bertemu dengan pop-up window. Pop-up bisa berupa penawaran yang memberikan pilihan "Yes" atau "No" dan dapat berupa alert (peringatan) dengan tombol "Close". Kadang browser yang kita gunakan membantu mencegah pop-up window ditampilkan, tetapi ada juga yang bisa lolos.

Umumnya kita segera mengklik tombol "No" atau "Close" atau tombol "X" untuk menutupnya agar pop-up tersebut tidak mengganggu. Mungkin kita berpikir sepanjang tidak mengklik "Yes", maka tidak ada masalah (dulunya saya juga sering berpikir demikian). Tapi sebenarnya tidak!

Menurut artikel Quick Tip: Closing pop-ups the safe way di CNET dan Don't Close That Pop-Up Window!, dengan mengklik salah satu tombol tersebut, kemungkinan akan men-download virus, spyware atau malware lainnya ke dalam komputer kita.

Tidak semua pop-up window berisi malware. Ada pop-up yang memang menawarkan iklan sebagaimana adanya.

Namun agar lebih aman, gunakan cara berikut untuk menutup pop-up window:

  • Tekan tombol ALT + F4 untuk menutup pop-up window yang aktif.
  • Atau klik kanan pop-up tersebut pada taskbar dan pilih Close seperti gambar di bawah ini.
    tutup pop up window - computer1001.blogspot.com
  • Bila pop-up tersebut tidak muncul di taskbar, gunakan cara berikut yang merupakan cara yang paling aman untuk menutup pop-up window. Tekan tombol CTRL + ALT + DEL untuk memunculkan Task Manager, pada tab Applications pilih pop-up yang akan ditutup dan klik End Task.
    Tip: Anda juga dapat memunculkan Task Manager dengan mengklik kanan bagian kosong pada taskbar.
Anda punya pengalaman dengan pop-up window? Silakan berbagi pengalaman Anda di kotak komentar.


 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »