Cara Membuat Caption dan Daftar Otomatis untuk Gambar, Tabel dan Persamaan (Equation) di Word


Tutorial: Word 2007, 2010.

Beberapa waktu lalu sudah dibahas cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word 2007 - 2010. Pada tutorial kali ini akan dibahas cara membuat daftar otomatis untuk gambar, tabel, dan persamaan (equation).

Untuk membuat daftar otomatis pada gambar, tabel, dan persamaan (equation), kita perlu membuat caption terlebih dahulu.

 

Cara Membuat Caption pada Gambar

  1. Klik kanan pada gambar dan kemudian klik Insert Caption.
    Atau pada References tab, Captions grup, klik Insert Caption.
    Caption Dialog Box
  2. Jika label yang ingin digunakan tidak ada, klik tombol New Label dan beri nama label yang baru, misalnya Gambar.
  3. Centang kotak Exclude label from caption, jika tidak ingin menggunakan label pada caption.
  4. Di bagian Position, klik tanda panah untuk menentukan apakah caption ditempatkan di atas (Above selected item) atau di bawah (Below selected item) gambar.
  5. Klik tombol Numbering untuk mengatur format nomor. Centang kotak Include chapter number, jika ingin menyertakan nomor bab secara otomatis (judul bab harus diberi heading style).
    Caption Numbering

    Tip:

  6. Tekan OK bila sudah selesai.
  7. Ketik nama gambar setelah angka. Gunakan cara yang sama untuk gambar-gambar yang lain.

 

Cara Membuat Caption pada Tabel

  1. Klik kanan tanda Four Headed Arrow Handle pada tabel dan kemudian klik Insert Caption.
  2. Langkah-langkah selanjutnya sama dengan Cara Membuat Caption pada Gambar (langkah 2 – 7).

 

Cara Membuat Caption pada Persamaan (Equation)

    Equation (Persamaan)
  1. Klik pada persamaan dan di References tab, Captions grup, klik Insert Caption.
    Caption Group
  2. Langkah-langkah selanjutnya sama dengan Cara Membuat Caption pada Gambar (langkah 2 – 7).

 

Cara Membuat Daftar Otomatis untuk Gambar, Tabel dan Persamaan (Equation)

  1. Klik pada halaman untuk menaruh daftar. Ketik judul daftar terlebih dahulu dan tekan Enter untuk memberi jarak antara judul dan isi daftar.
  2. Pada References tab, Captions grup, klik Insert Table of Figures.
    Caption Group
  3. Pada Table of Figures tab, bagian General, klik tanda panah pada Caption label untuk memilih label daftar yang akan dibuat (gambar, tabel, atau persamaan).
    Table of Figures Tab
  4. Klik OK bila sudah selesai.
  5. Untuk update daftar, klik kanan pada daftar dan kemudian klik Update Field.
    Pilih:
    • Update page numbers only – bila ada perubahan pada nomor halaman.
    • Update entire table – bila ada perubahan format dan penambahan isi pada daftar.

 

Rekomendasi Artikel

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

33 comments

Tulis Komentar
05 August, 2009 19:16 delete

Saya kesulitan dengan formula pada word...mohon bantuannya...
soal.
1. saya ingin mengambil gambar di folder d: tapi dengan menggunakan formula atau rumus bukan melalui insert picture....bagaimana caranya.terima kasih

Reply
06 August, 2009 08:21 delete

@LHOEPHIE,

Coba gunakan cara ini [link]

Reply
Anonymous
23 January, 2010 21:14 delete

Semua judul sudah saya beri heading style. Tapi ketika akan membuat caption gambar, selalu ada pesan 'there is no chapter number to include or page number...' Kira2 apa ya yg salah??? mohon bantuannya
Qee
Balikpapan

Reply
24 January, 2010 12:22 delete

Hi, pesan error ini bisa muncul jika style untuk 'judul bab' belum dibuat.
Anda bisa lihat di artikel ini untuk cara membuat no urut judul bab.

Reply
09 June, 2010 23:44 delete

caranya yang untuk Membuat Caption pada Persamaan (Equation)diperjelas duonkk..

ga tau caranya yang Klik pada persamaan dan di Picture Tools, Format tab, Captions group, klik Insert Caption..

hmm..
kasih gambar2nya..
thx..

Reply
10 June, 2010 15:22 delete

@Dony, maaf ada kekeliruan pada tutorial, tapi sudah diperbaiki dan ditambahkan gambar.

Seharusnya "Klik pada persamaan dan di References tab, Captions group, klik Insert Caption."
References tab ada di baris Home, Insert, dan Page Layout.

Terima kasih telah memberikan komentar :)

Reply
Anonymous
21 June, 2011 14:41 delete

waktu saya masukan di insert tabel og figure, untuk daftar tabel ternyata daftar gambar juga ikut, bagaimana supaya daftar tabel hanya memuat daftar tabel saja dan untuk gambar juga memuat daftar gambar saja, terima kasih

Reply
21 June, 2011 17:09 delete

Hello,

Coba cara berikut:
1. Saat membuat Caption, label untuk gambar tidak boleh sama dengan label untuk tabel. Beri label yang berbeda, misalnya untuk gambar diberi label Gambar dan tabel diberi label Tabel.
2. Saat membuat Insert Table of Figures, pada Caption label, pilih nama sesuai dengan nama label Caption yang telah dibuat.

Salam,

Imeily

Reply
Anonymous
07 November, 2011 08:54 delete

mb imeily...
ak mau tanya lagi, skrg ttg daftar gambar.
kan ak uda heading yg bab2 nya.
tapi pas caption gambar..
no bab yang d keterangan gambarnya ga sama dengan no bab nya.
jadi
di BAB I
kan harusnya Gambar I.1
tapi kog jadi Gambar 0.1 ya? padahal udah ta include chapter number :(
maaf tanya mulu..
makasi sebelumnya :D

maya

Reply
07 November, 2011 10:30 delete

Halo Maya,

Apakah heading untuk bab menggunakan Heading 1 tetapi tidak ada nomornya?

Jika ya, coba cara berikut:
- Ganti style Heading 1 dengan Heading 2.
- Begitu juga di Include chapter number (Caption Numbering), bagian Chapter starts with style, pilih Heading 2.

Bila tetap ingin menggunakan Heading 1, maka heading bab harus diberi nomor dan beri format Hidden untuk menyembunyikannya.

Caranya:
-Di Define new Multilevel list, bagian Enter Formatting for number, klik Font, dan di bagian Effects klik Hidden.


Salam,
Imeily

PS: jika ada yg msh kurang jelas, silakan ditanyakan lagi :)

Reply
Anonymous
23 November, 2011 00:23 delete

bagaimana membuat daftar gambar tapi sesuai letak bab jadi kalo bab 1 ya Gambar 1.1 kalo bab 2 Gambar 2.1:
Gambar 1.1 blalalal
Gambar 1.2 nananana
Gamabar 2.1 tralalala
Gambar 2.2 trililili
Gambar 3.1 blulalulua

Reply
23 November, 2011 07:02 delete

@Anonymous,

Untuk membuat caption gambar dengan no bab, petunjuknya ada di Cara Membuat Caption pada Gambar langkah 5.

Salam,
Imeily

Reply
21 April, 2013 01:18 delete

dear,
saya mau buat daftar isi tapi saat saya mau pasang heading dengan numbering bab agar bisa bikin caption malah si DAFTAR ISI yang ikut saya jadikan heading 1 (supaya bisa muncul pas buat daftar isi) ikut2 pake BAB 1 di depannya.
sehingga tampilan daftar isi sekaligus navigation word saya menjadi:
BAB 1 DAFTAR ISI
BAB 2 PENDAHULUAN

saya inginnya DAFTAR ISI tetep jadi heading 1 tapi tanpa numbering BAB, seperti:
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN

solusinya bagaimana ya? terima kasih banyak

Reply
21 April, 2013 06:59 delete

@M. Ekaditya Albar,

Solusi: hapus tulisan Bab 1 yang muncul di Daftar Isi.

Salam,
Imeily

Reply
Anonymous
01 May, 2013 19:03 delete

@ Apriyanto
Mau nanya, kenapa penomoran gambar (mis : 2.1 : Alur program )yang sudah di atur menggunakan petunjuk di atas, pas dprint berubah menjadi gambar 0.1 dst..

Reply
02 May, 2013 19:40 delete

@Apriyanto,

Coba tekan tombol CTRL + A untuk memilih seluruh isi dokumen dan kemudian tekan tombol F9 untuk update field.

Salam,
Imeily

Reply
25 September, 2013 00:35 delete

saya mau membuat contoh soal,seperti ini : 35
30
--------x
gimana caranya ya? thank's

Reply
25 September, 2013 07:21 delete

@Arriol Lanang,

Saya kurang mengerti maksud Anda. Bisa diperjelas lagi?

Reply
27 January, 2014 19:57 delete

kalo kasih caption buat bab berbeda bisa ga?.
masalahnya kalo insert caption baru, ntar di daftar gambarnya psti kudu Insert table of figure lg kan?
dan itu membuat daftar antar daftar gambar jadi ada "spasi"nya?
gmana dong gan?

Reply
28 January, 2014 17:57 delete

Bisa. Caranya ada di Cara Membuat Caption pada Gambar langkah 5.

Reply
31 January, 2014 09:41 delete

kalo captionnya kita menuliskan sesuai keinginan kita caranya gmna(misal saya mau ngasih Gambar 2.1)tapi ko ga bisa ya?pasti captionnya dah otomatis ga bisa diganti

Reply
01 February, 2014 07:51 delete

Caption bisa diganti.
Setelah caption sudah dibuat, Anda bisa edit langsung pada teks caption.

Reply
Anonymous
24 February, 2014 01:02 delete

Kalo captionnya diganti contoh default Gambar 1 diganti Gambar 2.1 otomatis menghilangkan angka 1 yg berguna sebagai penanda caption.jd ketika insert table of figure jd tidak terdeteksi.gimana solusinya?sudah saya coba berkali kali soalnya.thx

Reply
25 February, 2014 11:23 delete

Saya mencoba cara berikut dan bisa membuat nomor urut gambar 2.1, 3.1 dan seterusnya, yang juga muncul di table of figure.

Langkah-langkah:
1. Sisipkan gambar.
2. Klik kanan gambar dan pilih Insert Caption.
3. Di kotak Caption, ketik atau tambahkan nomor gambar.

Reply
Anonymous
05 March, 2014 08:03 delete

Hi salam kenal.
Thanks untuk tutorial ini. btw gimana cara buat caption gambar/tabel dengan style penomoran 1.1, 1.2, 2.1 dst tanpa harus menggunakan heading style atau chapter. Thanks again

Reply
05 March, 2014 16:47 delete

Salam kenal juga,

Caption gambar atau tabel dengan style penomoran 1.1, 1.2, 2.1 dst bisa dibuat dengan menggunakan Insert Caption seperti cara di tutorial ini.
Cuma Anda harus mengulanginya beberapa kali untuk mendapatkan penomoran yang tepat.

Reply
Anonymous
17 April, 2014 07:33 delete

salam, saya ingin bertanya, saya membuat heading dengan judul bab menggunakan penomoran Romawi (I, II, III, dst.), tetapi untuk caption saya ingin menggunakan angka latin (1,2,3), namun yang muncul malahan (contoh) gambar 2.II.1..nah saya ingin bertanya bagiaman caranya agar tetap bab II, tapi gambar, tabel dan persamaannya tetap tabel 2.1., gambar 2.1.dst..semoga bisa dimaklumi kebodohan saya ini,,terima kasih sebelumnya... :)

Reply
19 May, 2014 15:41 delete

Tidak ada pertanyaan yang bodoh :)
Saya sendiri baru menemukan caranya baru-baru ini dan disajikan di tutorial ini: Trik Membuat Format Nomor Bab yang Berbeda untuk Caption Gambar, Tabel, dan Persamaan di Word.

Reply
Anonymous
29 May, 2015 13:14 delete

salam,
saya akan membuat caption gambar dan tabel dengan format sesuai bab. misal gambar 2.1 . tetapi hasilnya di semua bab kok 0.1, 0.2 dst ya? padahal saya sudah pake multilevel list di masing-masing tulisan BAB dan chapter numbernya juga sudah heading 1.
mohon bantuan untuk solusinya ya :)
terimakasih sebelumnya.

Reply
17 June, 2015 20:25 delete

Coba cek apakah ada heading yang kosong.
Caranya:
1. Di tab View, centang kotak Navigation Pane.
2. Akan muncul panel di sebelah kiri yang berisi daftar Heading dan Sub Heading.
3. Bila ada Heading yang kosong (baris kosong tanpa teks), hapus Heading tersebut.
4. Update field seluruh caption dengan menekan tombol CTRL + A dan lanjutkan dengan menekan tombol F9 .

Reply
10 July, 2016 13:36 delete

Saya sudah memasukan daftar tabel saya tapi space kosong. antara daftar tabel 1.2 dengan 2.1 gabisa dihilangkan, cara merapatkan mereka agar 1.2 dengan 2.1 pas di atas bawah bagaimana ya?

Reply
11 July, 2016 12:39 delete

Coba cara berikut:
1. Klik pada tulisan tabel 1.2
2. Kemudian pada tab Home, bagian Paragraph, klik tanda panah Line & Paragraph Spacing (icon dg gambar garis dan panah atas bawah). Bila ada tulisan Remove Space Before Paragraph atau Remove Space After Paragraph, klik tulisan tersebut.
3. Ulangi langkah di atas untuk tabel 2.1

Reply